Monday, June 2, 2008

Speed....

Hari ini saya mendapat sebuah cerita dari seorang teman (dari Vietnam) yang suka dengan olahraga Sepak bola. Minggu lalu, teman2 dari Vietnam mendapat kesempatan bertanding dengan salah satu tim sepak bola teman2 Korea di sebuah kampus negeri di daerah Busan.

Dia berkata bahwa Korea memang sangat cepat. Memang tidak salah kalau Korea punya kata "pali-pali". Salah satu hal yang membuat dia terkagum-kagum adalah ketika dia mau memperebutkan bola. Dia berada kurang lebih 5 meter dari bola. Dan, seorang lawan berada lebih jauh dari bola (di belakang teman saya). Dia adalah orang yang paling dekat dengan bola pada saat itu. Otomatis, dia akan datang menghampiri bola tersebut.

Dia lari untuk mengambil bola tersebut. Tetapi, ketika dia berjarak hampir 1 meter dari bola, tiba-tiba dia telah tersalip oleh orang Korea yang berada di belakangnya. Dan, orang Korea itu berhasil mengambil bola tersebut.

ck ck ck..... begitulah decak kagum dia ketika orang Korea tsb berhasil merebut bola. Saya tidak menanyakan hasil terakhirnya, yang pasti pertandingan dimenangkan oleh teman2 Korea.

Teman saya mengatakan bahwa kecepatan itulah kunci dari sebuah permainan / olahraga. Kalau orang sudah bisa menguasai kecepatan, selanjutnya orang tersebut tinggal belajar kontrol dari permainan atau olahraga yang dimaksud.

Kebudayaan Korea yang begitu mendasar (pali-pali .. yang artinya adalah cepat-cepat) membuat mereka sangat cepat dalam segala bidang. Alhasil, bukan saja dalam hal sepakbola yang dialami teman saya, tetapi juga dalam berbagai aspek seperti pertumbuhan ekonomi tercepat sedunia (OECD record, source: wikipedia.org), pertumbuhan GDP per kapita tercepat sedunia, dan masih banyak prestasi lainnya yang diakui dunia karena faktor kecepatan.

Tidak selamanya faktor kecepatan itu menentukan pemenang sebuah pertandingan/kompetisi/ atau kontes apapun juga. Tetapi, kecepatan adalah salah satu faktor yang bisa membuat orang lain cukup gentar untuk menghadapi lawannya.

Semoga terinspirasi dengan faktor "kecepatan" yang selalu menjadi dasar kebudayaan orang Korea saat ini.

No comments: