Tuesday, June 10, 2008

Perubahan besar dan perubahan kecil

Manusia selalu berusaha untuk meraih sesuatu dengan instan, dengan cepat, tanpa biaya, langsung tanpa harus menunggu, dan lain sebagainya. Intinya, perubahan yang cepat, baik dan menguntungkan... itulah yang selalu diharapkan setiap orang.

Pertanyaan berikutnya: Siapa yang tidak ingin kaya mendadak ? Siapa yang tidak ingin sukses mendadak ? Siapa yang tidak ingin pintar mendadak ? Sepertinya, pertanyaan ini adalah sebuah pertanyaan yang akan dijawab "YA, saya mau" oleh kebanyakan orang. Tetapi, kita lupa bahwa dibalik sebuah perubahan, ada makna yang tersembunyi.

Manusia lupa dengan apa yang dinamakan "proses". Proses dibutuhkan agar hasil perubahan yang terjadi tidak berlangsung sejenak, tetapi kekal. Proses dibutuhkan agar kenikmatan hasil dari perubahan dapat dirasakan selamanya.

Dari tahun lalu, saya selalu berusaha membaca journal dengan cepat. 1 hari target membaca sebuah journal ataupun conference paper untuk kemajuan penelitian saya. Setiap hari saya selalu tekun membaca topik2 yang berkaitan dengan penelitian saya. Saya selalu berharap, minggu depannya saya bisa menemukan sebuah topik baru untuk saya tulis sebagai hasil penelitian. Begitu pula minggu depannya, saya selalu berharap ada hasil penelitian dari apa yang telah saya baca. Saya berharap ada perubahan besar yang terjadi dengan membaca sebuah atau 2 buah journal. Tetapi, apa yang saya hasilkan ? Selama 1 tahun (lebih dari 20 hasil penelitian), saya cuma belajar hal dasar yang telah dikembangkan selama 1 dekade terakhir. Saya hanya BELAJAR, tanpa hasil apapun juga.

Awalnya, saya kecewa dengan keadaan saya. Saya kok cuma bisa belajar, saya kok cuma bisa membaca journal tanpa implementasi dari apa yang saya pelajari. Ternyata, apa yang saya pikirkan semuanya akhirnya berbeda. Saya mendapat sebuah hikmat baru dari apa yang telah saya pelajari.

2 orang teman saya sedang mengerjakan thesis untuk kelulusan mereka. Dalam satu minggu ini, mereka sering ke tempat saya untuk menanyakan topik yang sedang mereka kerjakan. Ternyata, professor menghendaki semua orang di lab melakukan penelitian sesuai topik yang saya pelajari. Dan, hanya saya yang mendalami ilmu tersebut. Sehingga, semua orang - mau tidak mau - harus bertanya kepada saya untuk mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan akurat.

Saya baru merasakan bahwa apa yang saya pelajari selama 1 tahun sedang berbuah saat ini. Saya selalu merasa bahwa apa yang telah saya pelajari masih belum berguna. Ternyata, dalam minggu2 ini saya semakin mendapat ide untuk implementasi, dikarenakan ide-ide dari paper-paper hasil penelitian yang saya baca akhirnya diterapkan di thesis 2 teman saya tersebut. Ilmu saya semakin terasah dan saya menemukan jalan kembali untuk implementasi.

Apakah Anda pernah mengeluh seperti saya ? Apakah anda pernah mengalami sebuah proses panjang, dimana saudara tidak merasakan bahwa hidup Anda sedang berbuah ? Buahnya tidak bisa diprediksi, kapan akan dimakan, kapan akan dirasakan. Tetapi, ketika kita setia dalam hal yang diserahkan kepada kita.. ketika kita setia dalam perubahan kecil, maka sebuah hasil dari perubahan itu akan menanti kita di kemudian hari. Dan, perubahan kecil justru hasilnya lebih dahsyat daripada sebuah perubahan besar. Apakah anda percaya hal ini ?

No comments: