Monday, June 16, 2008

Gado-gado pake wortel - berbeda itu wajar

Apakah anda pernah melihat masakan Gado-gado mengandung wortel di dalamnya ?

Saya ketawa geli ketika ada seorang teman yang sedang makan gado-gado, kemudian dia berkata seraya bertanya kepada si koki "Gado-gado'nya mantap banget. Cuma sayang, ga ada wortelnya." Beberapa orang yang mendengar, termasuk saya, tertawa mengejek teman kami yang mengatakan bahwa gado-gadonya tidak mengandung wortel.

Setelah kami tertawa-tawa, ternyata ada beberapa teman lain yang nyeplos "Lo, gado-gado di Jogja dan Solo itu pakai wortel juga". Dan, beberapa teman yang asal Jogja dan Solo juga membenarkan pernyataan tersebut.

Seringkali, dalam kehidupan kita, kita akan menertawakan hal-hal yang berbeda dari apa yang biasanya. Karena kita telah terbiasa hidup dengan cara A, maka kita akan menertawakan orang yang hidup dengan cara B. Karena kita terbiasa makan dengan cara A, maka kita akan menertawakan orang yang makan dengan cara B.

Berbeda itu adalah hal yang wajar. Apabila kita menemukan sisi yang berbeda dari rekan kita, sudah selayaknya kita mencari tahu lebih dalam lagi sebelum kita menghakimi dengan menertawakannya. Tetapi, manusia seringkali terlebih dahulu menertawakan daripada mencari tahu terlebih dahulu.

Gado-gado pakai wortel tersedia juga di Indonesia. Jadi, jangan menertawakan orang lain sebelum kita mengetahui kebenarannya.

No comments: