Thursday, June 5, 2008

The best slide design ???

Ketika melihat presentasi2 dari mahasiswa maupun dosen Korea, saya cukup tercengang dengan gambar dan desain yang ditampilkan. Mereka cukup rajin dan berusaha membuat tampilan semenarik mungkin. Isi bisa sama dengan pemikiran kita, tetapi desain dan tampilan berbeda. Dan, tampilan yang mereka buat benar2 membuat orang terkesima dan terkagum2.

Salah satu contoh design presentasi yang dibuat teman lab saya adalah seperti gambar berikut ini.


Beberapa orang yang melihat desain ini berdecak kagum seraya iri dan bertanya.. bagaimana mereka mempersiapkan desain seperti itu ?

Susah sekali untuk menyiapkan slide presentasi seperti gambar di atas. Butuh waktu dan ketelitian pada saat membuatnya. Tetapi, itulah yang diperhatikan oleh orang-orang Korea, khususnya mereka yang menawarkan globalisasi. Kalau tidak percaya, coba cari slide orang Korea yang dipergunakan untuk acara internasional. Mayoritas (tidak semuanya) pasti akan menggunakan konsep desain yang menarik dan memukau serta membuat kita berdecak kagum.

Hal ini berkaitan juga dengan kepemimpinan. Bukan hanya masalah hati, skill, inner heart yang harus diperhatikan seorang pemimpin. Tetapi, masalah penampilan, out-looking juga menjadi sebuah hal yang perlu menjadi perhatian. Bagaimana kita berpenampilan menarik di depan orang untuk menunjukkan kharisma kepemimpinan kita.

Menarik, bukan berarti harus tampil dengan gaya mewah, menggunakan pakaian berkerah dan dasi serta jas setiap hari. Menarik artinya, rapi, tidak awut-awutan, dan masih sedap dipandang oleh orang lain. Kepemimpinan bukan saja berasal dari dalam diri kita, tetapi juga berasal dari apa yang dilihat orang dari penampilan kita. Slide presentasi orang Korea telah membuktikannya......

No comments: