Thursday, July 31, 2008

Pergaulan yang baik meningkatkan diri sendiri

Beberapa minggu ini, saya dan istri selalu melakukan aktivitas bersama satu orang Korea yang pandai berbahasa Indonesia. Hampir setiap hari, si orang Korea tsb. (katakanlah si A) selalu berusaha belajar bahasa Indonesia dari saya maupun dari istri. Dan, si A berusaha untuk mencari teman-teman Indonesia yang lainnya agar dia bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia.

Alhasil, dalam 1 bulan ini, dia hampir menjadi seperti orang Jawa. Segala bahasa dan ucapannya sudah menggunakan bahasa Jawa. Oleh karena apa ? Oleh karena dia selalu berkumpul dengan kami2 yang notabene dilahirkan di pulau Jawa.

Pergaulan dia bersama dengan orang Indonesia menghasilkan sebuah hal yang positif buat dia, yaitu kemampuan berbahasa Indonesia di negeri sendiri. Banyak orang Korea yang berusaha untuk belajar bahasa Inggris (sebagai bahasa Internasional) di lembaga bimbingan belajar atau tempat kursus. Tetapi, masih saja banyak dari mereka yang tidak pandai berbahasa Inggris. Karena apa ? Karena pergaulan mereka hanya dengan orang-orang Korea. Mereka merasa bahwa berbahasa Inggris hanya perlu dilakukan di kursus.

Tetapi, orang-orang yang pandai memanfaatkan situasi... mereka akan berusaha mencari waktu berkumpul bersama dengan orang asing (seperti si A), dan akhirnya menjadi maju karena pergaulan yang tepat.

Demikianlah dengan diri kita masing-masing. Ketika kita memutuskan untuk bergaul dengan seseorang, maka kita sudah menentukan jati diri kita sebenarnya. Ketika kita salah bergaul, maka kita akan menjadi seperti yang ada dalam kelompok pergaulan kita. Ketika kita memilih pergaulan yang tepat, maka kita bisa mengembangkan dan meningkatkan diri kita menjadi lebih hebat dan lebih maju.

Kalau anda ingin maju, carilah pergaulan yang baik agar Anda dapat meningkatkan kemampuan diri anda sendiri. Kalau anda ingin mampu berbahasa Inggris, carilah orang asing yang pandai berbahasa Inggris. Kalau anda ingin menjadi ahli matematika, bergaulah dengan orang yang pandai matematika. Kalau anda ingin menjadi kaya, bergaulah dengan orang-orang kaya dan belajar daripadanya. Inilah kunci kehidupan. Oleh karena itu, benar apa yang pernah dituliskan .... "Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik".

Selamat Bergaul....

No comments: