Thursday, July 17, 2008

Hilangnya sebuah kesempatan

Siapa yang tidak ingin menjadi terkenal ? Siapa yang tidak ingin meraih sukses dalam sekejap ? Semua orang tentunya berharap bisa menjadi sukses ataupun terkenal dalam sekejap.

Banyak acara international yang mendulang sukses negara yang menjadi penyelenggara. Ambillah contoh 2 event international besar, Olimpiade dan Piala Dunia. Ketika acara international ini diselenggarakan di sebuah negara, negara yang bersangkutan akan mendulang sukses luar biasa. Sukses yang dimaksud adalah pendapatan (devisa) yang melimpah dalam sekejap, negara dan kota2nya menjadi terkenal dalam sekejap, dan implikasinya cukup signifikan bagi perkembangan industri pariwisata di masa mendatang setelah acara tersebut.

Korea Selatan, setelah sukses menyelenggarakan Olimpiade musim panas pada tahun 1988, berkembang menjadi sebuah negara yang memiliki laju perekonomian yang bombastis. Hal itu ditunjukkan dengan kemampuan Korea Selatan menjadi negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang tercepat sedunia (menurut OECD) semenjak berakhirnya perang dunia kedua dan pulih dari krisis ekonomi tercepat, yang dimana hal tersebut akibat tidak langsung dari kesuksesan penyelenggaraan olimpiade. Ini adalah sebuah contoh kesuksesan karena penyelenggaraan Olimpiade.

Acara internasional akan menentukan tempat berlangsung kegiatan besar tersebut hingga 2 periode yang akan datang. Artinya, ketika Olimpiade 2008 berjalan, maka panitia telah menetapkan tempat Olimpiade 2012 dan alternatif tempat Olimpiade 2016. Hal ini tidak lain untuk membuat negara yang bersangkutan memiliki waktu untuk bersiap diri menyelenggarakan event international tersebut dengan sebaik mungkin.

Namun, hari ini saya membaca Kompas, yang mengatakan bahwa Stadion Peter Mokaba, tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan masih belum selesai dalam pembangunannya. Tentunya, banyak pihak yang menyayangkan kesempatan yang sangat langka ini... menjadi sebuah host acara international yang telah diperjuangkan dengan susah payah oleh pemerintah dan masyarakat setempat, tetapi akhirnya panitia harus mengganti tempat dengan alasan bahwa persiapan yang belum selesai. Dan, panitia telah mencanangkan untuk memindahkan acara Piala Dunia 2010 di Brasil, apabila pada saatnya Afrika Selatan masih belum bisa menyelesaikan stadion tersebut tepat pada waktunya. Otomatis, Brasil yang telah terpilih sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2014 sangat bergembira, karena apabila Afrika Selatan benar2 tidak siap, maka penyelenggaraan Piala Dunia akan berturut2 diadakan di Brasil. Dan, untung sekaligus sukses besar telah menanti di Brasil.

Seringkali kita juga mengalami hal yang sama. Sukses besar telah menanti. Hal besar sudah di depan mata. Tetapi, kemampuan kita masih belum mencukupi. Ada hal2 diri sendiri yang belum dibereskan, dan banyak problematika yang belum bisa diatasi. Sehingga, kesempatan besar yang seharusnya jatuh ke tangan kita.. akhirnya harus dilimpahkan ke orang lain karena kesalahan kita sendiri.

Oleh karena itu, bersiaplah sedini mungkin. Kesempatan besar tidak akan datang kedua kali. Dan, ketika kita dipercaya sebuah kesempatan yang besar, janganlah menyia-nyiakan kesempatan itu. Lakukanlah apapun juga untuk membuat kesempatan itu menjadi sebuah kenyataan.

Semoga sukses.

No comments: