Monday, October 6, 2008

Ujian karakter yang baik (2)

Korea Times hari ini menuliskan bahwa seorang artis meninggal dunia karena bunuh diri dengan cara gantung diri di kamar mandinya. Setelah mencari sejumlah bukti dan saksi, maka disimpulkan bahwa penyebab kematiannya adalah putus dengan pacar laki-lakinya.

Jang Chae-won, seorang artis yang mengikuti jejak Harisu dengan melakukan transformasi seksual dari pria menjadi wanita, merasa terluka hatiinya karena diputus oleh pacarnya. Hal ini dikonfirmasi dengan penulisan di blog Jang yang ditulis sebelum kematiannya dengan mengatakan : "Maafkan saya ibu, saya akan melakukan lebih baik di waktu mendatang".

Terlihat bahwa aksi bunuh diri yang dilakukan oleh para artis (ini adalah kejadian ke-3 berurutan dalam kurun waktu 1 bulan) juga akan diikuti oleh para masyarakat. Terbukti bahwa ada 439 telpon masuk dalam konsultasi masalah kejiwaan yang disediakan oleh pemerintah Seoul di bulan September, dibandingkan dengan bulan Agustus yang hanya berjumlah sekitar 220 telpon.

Aksi bunuh diri artis awal yang dilakukan oleh Ahn Jae-Hwan (September 8th) dengan menengguk racun terbukti dilakukan oleh sedikitnya 3 orang lain dalam waktu setelah kematiannya. Dan, lebih dari 5 orang terbukti bunuh diri dengan gantung diri setelah kematian artis Choi Jin-sil (October 2nd).

Permasalahan yang kita hadapi bukanlah harus diakhiri dengan cara mengakhiri hidup. Masalah yang sedang kita hadapi adalah sebuah ujian karakter bagi kita, dimana kita akan meraih hasil yang indah setelah berhasil lulu dalam ujian tersebut.

Aksi bunuh diri ternyata masih menghantui negara Macan Asia yang terkenal dengan ginseng'nya. Semoga ada hal-hal positif yang bisa dilakukan oleh pemerintah Korea untuk mengurangi jumlah kematian akibat bunuh diri.

No comments: