Friday, October 24, 2008

Anda punya waktu 3 menit!

Kemarin saya mengalami sebuah hal yang cukup menegangkan. Saya bersama rekan-rekan satu laboratorium harus men-demo-kan sebuah software buatan lab kami sebagai hasil dari sebuah penelitian. Dan, kami harus bisa menunjukkan hasil real dari software tanpa ada kesalahan apapun kepada direktur dari Research Center. Kesalahan sekecil apapun akan menimbulkan masalah yang cukup besar bagi masa depan lab kami.

Tiba di harinya untuk demo, ternyata ada banyak hal yang terjadi di luar dugaan. Banyak error bermunculan dan perlu pekerjaan yang sangat detail untuk meminimalkan error yang terjadi. Tetapi, karena anggota lab kami hanya 3 orang (1 orang mahasiswa baru, dan 1 orang lain mengerjakan bagian yang lain) maka hanya saya yang bekerja. Dan, sepertinya hal itu tidak mungkin dikerjakan hanya oleh 1 orang saja.

Pada saat jam presentasi, kami semua hanya bisa berharap-harap cemas agar program bisa berjalan lancar dan direktur tidak bertanya macam2. Dan, ketika beliaunya datang, beliau mengatakan "mohon presentasinya singkat, jelas, padat dalam 3 menit saja karena saya ada hal-hal lain yang harus saya selesaikan". (sambil dia menekan stopwatch untuk memperhatikan benar2 apakah waktu'nya tepat 3 menit)

3 MENIT ??? Waaaa... ini presentasi tersingkat yang saya pernah hadapi. 3 menit presentasi yang akan menentukan masa depan lab kami. Mau tidak mau, kami harus berpikir singkat bagaimana cara memberi kesan baik kepada sang direktur.

1 menit pertama, presentasi yang dibawakan oleh teman Korea saya berhasil memukau. Dan, pada menit ke-2 dia langsung menyampaikan pesan kepada asistennya mengenai hal-hal yang perlu dilakukan di kemudian hari. Dan, berakhirlah presentasi kami pada menit yang ke3.

Sungguh sebuah pengalaman yang menghebohkan. 3 menit yang tidak pernah kami duga akan dilalui dengan perasaan yang sangat deg-degan. Dan, tentunya kami harus bisa survive dengan perubahan sewaktu-waktu seperti itu, dimana persiapan kami adalah 10 menit presentasi.

Sama dengan hidup kita, semuanya ingin yang serba instan. Semakin cepat selesai, akan semakin baik. Oleh karena itu, berikan hasil yang terbaik dengan waktu yang sesingkat mungkin. Itulah impian dunia masa depan. Tetapi, bagaimana dengan hidup kita ? Berikan hasil yang terbaik dengan investasi waktu yang kita miliki. Itu akan menunjukkan kualias hidup kita.

No comments: