Thursday, January 3, 2008

Visi - pentingkah ?

Tempat saya sekolah saat ini - Pusan National University (PNU) - memiliki sebuah visi yang sangat konkret.

Tahun 2015 akan menduduki peringkat 10 se-Asia dan peringkat 100 se-dunia.

Apakah hal ini tidak mungkin ? Apakah hal ini terlalu sombong ? Apakah hal ini terlalu dibesar-besarkan ?

Sepertinya, ini adalah sebuah tujuan yang hendak diraih, tanpa mengabaikan kemampuan dan segenap sumber daya yang dimiliki oleh kampus ini. PNU merupakan salah satu kampus nasional yang diperhitungkan di Korea Selatan. Tentunya, tidak mustahil apabila kampus ini menetapkan target yang sepertinya terlalu "berlebihan".

Dengan melihat segenap sumber daya yang ada, saya merasa bahwa kampus ini mampu meraihnya. Apalagi setelah melihat pemaparan misi per tahun hingga tahun 2015 (step 1 2007-2011 dan step 2 2011- 2015) , sepertinya mereka akan mampu meraih target yang diimpikan.

Kalau begitu, kembali ke pertanyaan awal. Visi - pentingkah ? Kalau tidak ada visi yang jelas, maka organisasi tidak akan berjalan dalam arah yang benar. Kalau Anda sedang berada dalam sebuah organisasi, atau anda sekarang adalah pemimpin sebuah organisasi, buatlah visi yang jelas agar semua orang di organisasi Anda, bawahan Anda, ataupun atasan Anda mengetahui target yang Anda akan hasilkan selama Anda berada di organisasi tersebut.

No comments: